LABORATORIUM PEMROGRAMAN KOMPUTER

LABORATORIUM PEMROGRAMAN KOMPUTER

Industrial Computer Laboratory di Program Studi Teknik Industri Universitas Brawijaya (PSTI-UB) biasa dikenal sebagai Laboratorium Pemrograman Komputer. Laboratorium ini merupakan laboratorium ke-3 yang berdiri di program studi kami. Program kerja utama dari laboratorium ini adalah praktikum pemrograman komputer yang sampai saat ini masih menggunakan software Visual Basic 6.0. Berdiri pertama kali pada tahun 2008, praktikum pertama dilakukan pada tahun 2009 dengan jumlah 45 praktikan yang merupakan mahasiswa PSTI angkatan 2008. Praktikum kedua dilaksanakan pada tahun 2010 dengan jumlah 134 praktikan yang merupakan mahasiswa PSTI 2009. Saat ini, semester genap tahun 2011 akan dilaksanakan praktikum dengan jumlah 172 praktikan yang terdiri dari mahasiswa PSTI 2009 dan 2010.

Rasionalisasi Laboratorium
Information Technology (IT) memegang peranan penting pada teknik industri (TI). Keterlibatannya sudah tidak dapat dielakan, atau IT sudah bagaikan organ jantung dalam tubuh manusia yang memompakan darah ke segala penjuru tubuh, dari ujung kaki sampai dengan ujung rambut, agar badan terasa sehat dan segar dan tidak sakit-sakitan, demikian pula IT dalam TI memompakan data dan informasi ke segala jaringan industri, dari supplier sampai dengan customer, dari kantor pusat ke kantor cabang, agar proses bisnis menjadi lebih effektip dan effisien, serta untuk mengoptimasikan, mengotomasikan, dan mempercerdas dalam berbagai proses produksi dan pengambilan keputusan. Dengan demikian, unsur IT didalam kurikulum TI justru menjadikan suatu PSTI (Program Studi Teknik Industri) bertambah kuat. Mengingat semua fakta diatas, maka PSTI Universitas Brawijaya memiliki salah satu konsentrasi yang unik yang mengarah aplikasi IT pada bidang TI (yang tak ada duanya di Indonesia) yang disebut Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen Industri.

Secara garis besar sistem informasi manajemen industri (SIMI) dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang berinteraksi bertujuan menyajikan informasi bagi kegiatan manajerial, seperti perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengambilan keputusan, serta pengendalian kegiatan dalam suatu industri sehingga dicapai suatu kegiatan manajerial yang efektif dan efisien.

Peran, fungsi, manfaat, keunikan, dan keunggulan penelitian dan pengabdian masyarakat Lab Komputer PSTI tersurat dan tersirat dengan jelas pada misi dan tujuan dibawah ini.

Misi Laboratorium Pemrograman Komputer

Membantu menjadikan PSTI berada dalam posisi terdepan dalam penguasaan, pengembangan, pendidikan, dan penerapan teknologi informasi di bidang Teknik Industri.

Membantu industri dan usaha kecil dan menengah (IKM & UKM) yang sumber dananya terbatas untuk belanja IT agar:
  1. Tidak buta huruf/gagap dalam hal teknologi informasi (information illiterate)
  2. Tidak ketinggalan dalam pemahaman peran dan fungsi IT untuk bisnis dan industri
  3. Dapat memanfaatkan IT dalam bisnis dan industrinya
Mampu mengembangkan software aplikasi untuk IKM dan UKM agar terjadi kemandirian software, artinya Indonesia menjadi tidak tergantung kepada software luar negeri yang mahal, sehingga dapat menghemat devisa negara dan meningkatkan kreativitas peserta didik.

Tujuan
  1. Melakukan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan sistem informasi/software yang efisien melalui pemanfaatan teknologi informasi yang maju (advanced), terintegrasi (integrated), dan cerdas (intelligent). Agar para civitas akademiknya (para dosen, mahasiswa, dan alumni) menguasai kompetensi global di bidang Information Technology (IT) khususnya yang berhubungan dengan Teknik Industri (TI), sesuai apa yang diamanatkan oleh universitas tentang kompetensi IT dan bahasa Inggris, khususnya software-software untuk bidang Teknik Industri.
  2. Memberikan sertifikasi kompetensi global di bidang IT kepada para mahasiswa PSTI.
  3. Menjadi sumber profit yang baik bagi PSTI. Survey mengatakan bahwa lab-lab komputer di univeritas-universitas bila ditangani secara baik dan profesional, maka lab komputer tersebut akan menjadi sumber profit terbesar dan termudah bagi suatu Jurusan/Program Studi.
  4. Membantu UKM dan IKM dalam menyediakan keahlian/kompetensi di bidang IT untuk bidang TI dan menyediakan software aplikasi yang menjadi pondasi bisnis serta industri mereka.
Domain Penelitian

Kegiatan laboratorium ini adalah membantu tri dharma perguruan tinggi dalam bidang keterlibatan information technology pada bidang teknik industri seperti:
  1. Pemrograman Komputer
  2. Sistem Database
  3. MIS (Management Information Systems)
  4. Decision Support Systems (DSS)
  5. Aplikasi Komputer
  6. Statistik dan Manajemen Mutu
  7. Pemodelan dan Simulasi
  8. Analisa dan Perancangan Sistem
  9. Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing (CAD/CAM)
  10. Applied Artificial Intelligence
  11. E-commerce
  12. Pemrograman Lanjut
  13. Sistem Informasi Enterprise
  14. Bidang-bidang baru dan menarik dari Teknik Industri yang tidak mungkin lepas dari IT, misalnya: Manajemen Proyek, Balanced Score Cards, Manajemen Mutu Total (TQM), 6 Sigma, Supply Chain Management (SCM), Customer Relationship Management (CRM), Reliability Centre Maintenance (RCM), Human Resources Development (HRD), dst.
Beberapa penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan antara lain adalah:
  1. Pengembangan Sistem Database untuk Maintenance
  2. Pengembangan Sistem Database untuk Melacak Cacat Produk
  3. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen PerindustrianPengembangan Ecomerce untuk mendukung pemasaran UKM/IKM batu marmer di Tulung Agung
  4. Integrasi Sistem Database dan Expert Systems untuk Manajemen Mutu Produk Keramik
  5. Integrasi Sistem Database dan Expert Systems untuk Menunjang Industri Pariwisata di Malang
  6. Case-Based Reasoning untuk Mendukung Customer Relationship Management
  7. Pengembangan Web Blogs untuk PSTI
  8. Pengembangan Web Blogs untuk Sivitas Akademika PSTI
  9. Dst
Pada saat ini, Lab Komputer PSTI mempunyai daerah asuhan yaitu industri keramik Dinoyo, Malang. Bersama paguyuban keramik Dinoyo, Malang, telah sering dilakukan penyuluhan, pelatihan, bimbingan, dan penelitian yang berhubungan dengan keterlibatan IT pada TI.

Sumber : Payung Penelitian Laboratorium Pemrograman Komputer

Struktur Organisasi


Gambar 5.1 Struktur Organisasi Laboratorium Pemrograman Komputer




Gambar 5.2 Laboratorium Pemrograman Komputer


Gambar 5.3 Kepala Laboratorium Pemrograman Komputer


Gambar 5.4 Asisten Laboratorium Pemrograman Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BlogBookmarks

Shoutbox


ShoutMix chat widget