SILABUS MATA KULIAH PEMODELAN SISTEM

Mata Kuliah : Pemodelan Sistem
Kode Mata Kuliah : TIN 4211
Beban Studi : 3 sks
Sifat : W
Prasyarat : TIN 4008
Praktikum : Tidak Ada
Tugas : Tidak Ada
Tujuan :
Memberikan pemahaman tentang konsep sistem dan pendekatan sistem melalui pemodelan. Membentuk kemampuan merancang suatu representasi atau formalisasi dalam bahasa, bagan atau simbol tertentu untuk memodelkan sistem nyata dalam memecahkan permasalahan atau membuat keputusan. Membangkitkan kemampuan mendeskripsikan, menganalisa dan mengevaluasi permasalahan sistemik secara menyeluruh dan terpadu dengan memperhatikan asumsi dan batasan sesuai dengan sudut pandang dan tujuan mempelajari sistem. Meningkatkan kemampuan untuk memformulasikan permasalahan dalam model matematik dengan mempertimbangkan kondisi statis atau dinamis, serta deterministik atau stokastik. Memberikan kemampuan merumuskan langkah-langkah pencarian solusi dengan pendekatan ilmiah dan menemukannya melalui matematika analitis, eksperimentasi, analisa numerikal, metode heuristik dan simulasi.
Pokok Bahasan:
Konsep sistem dan pendekatan sistem. Model dan prinsip dasar pemodelan. Karakterisasi model. Klasifikasi model. Pemangku kepentingan sistem. Latar belakang studi : rumusan masalah dan tujuan. Lingkup studi : asumsi dan batasan sistem. Pendefinisian model konseptual : entitas dan interaksi. Formulasi model matematis : variabel, parameter dan fungsi. Preposisi dan pembuktian matematis. Verifikasi dan Validasi.
Pustaka :
  1. Beam, W., System Engineering: Architecture and Design, McGraw-Hill Inc., 1990
  2. Daellenbach, H.G., Systems and Decision Making, John Wiley dan Sons, 1994
  3. Flood R.L. dan Garson, R.H. Dealing With Complexity: An Introduction to the Theory and Aplication of System Science. Plenum Press, 1988.
  4. Forrester, J.W., Principles of Systems, Wright Allen Press, 1968
  5. Murthy, DNP, Page, NW and Rodin, EY. Mathematical Modelling: A Tool for Problem Solving in Engineering, Physical, Biological and Social, Sciences. Pergamon Press, 1990.
  6. Wilson, Brian ; Systems : Concepts, Methodologies, And Applications, John Wiley dan Sons, 1984

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BlogBookmarks

Shoutbox


ShoutMix chat widget