SILABUS MATA KULIAH PEMASARAN

Mata Kuliah : Pemasaran
Kode Mata Kuliah : TIN 4212
Beban Studi : 2 sks
Sifat : W
Prasyarat : -
Praktikum : Tidak Ada
Tugas : Tidak Ada
Tujuan :
Memahami manajemen pemasaran, mampu menganalisa pasar meliputi positioning, segmentasi pasar dan targeting, mampu menentukan strategi pemasaran, memahami pengelolaan lini produk dan jasa, pricing (penentuan harga jual), pengembangan pasar export, promosi dan after sales service (pelayanan purna jual).
Pokok Bahasan :
Tugas dan Falsafah manajemen pemasaran
. Pengertian Manajemen Pemasaran. Sistem pemasaran dan lingkungannya. Perencanaan bauran pemasaran (marketing mix). Menganalisa Peluang-peluang Pemasaran. Strategi pemasaran. Pasar konsumen dan perilaku pembeli. Merencanakan Program Pemasaran. Pasar produsen-eceran pemerintah. Perencanaan dan penganggaran pemasaran. Siklus umur produk. Harga distribusi. Advertensi dan promosi. Organisasi pemasaran. Penelitian pasar dan sistem informasi pengendalian pemasaran. Pemasaran dan lingkungan pasar modern.
Pustaka :
  1. Alma, Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 1992.
  2. Hooley, Graham, et.al, Marketing Strategy and Competitive Positioning, third edition, Prentice Hall, 2004.
  3. Kotler, Phillip, Marketing Management, 9ed. New Jersey Prentice-Hall,1997.
  4. Lupiyoadi, R, A.Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, 2006
  5. McCarthy, E. Joeprome, Basic Marketing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BlogBookmarks

Shoutbox


ShoutMix chat widget