SILABUS MATA KULIAH PROSES MANUFAKTUR

Matakuliah : Proses Manufaktur
Kode Matakuliah : TIN 4204
Beban Studi : 3 sks
Status : W
Kosyarat : TIN 4104
Praktikum : TIN 4003
Tugas : Tidak ada
Tujuan :
Memahami spesifikasi geometris dan metode pengukuran yang benar terhadap obyek / elemen/ komponen, serta mampu menganalisis data hasil pengukuran untuk penarikan hasil pengukuran. Memberikan kemampuan dasar dan memahami proses pembuatan komponen/ elemen dengan berbagai macam pengerjaan panas dan pengerjaan dingin dengan Mesin Perkakas Konvensional. Memahami dan memilki konsep-konsep dasar sistem manufaktur modern serta penggunaan komputer dalam manufaktur secara integral
Pokok Bahasan:
Introduksi Tentang Proses Produksi. Spesifikasi Geometris dan sistem pengukuran Komponen. Kerja Bangku. Proses Pengerjaan Panas dan Pengerjaaan Dingin dari Logam. Sistem Perkakas Potong (Tooling System). Proses Pemotongan material dengan Mesin Perkakas Konvensional (M.Bubut, M.Bor, M. Frais, M.Sekrap dll). Proses Penyambungan Material. Perkembangan aplikasi komputer didalam Perusahaan. Konsep Dasar Kontrol Numerik. Bahasa Program Computerized Numerical Control Machine (CNC). Metode Pemrograman Computerized Numerical Control Machine. Pemrograman Mesin CNC dengan Sistem Dua Sumbu. Pengantar Flexible Manufacturing System Industry (FMSI)
Pustaka :
  1. B.H.Amstead, et.all, Manufacturing Processes, John Wiley dan Sons Inc., New York.
  2. Child J.J., Principles of Numerical Control, Industrial Press Inc., New York.
  3. Doyle, Lawrence E., Manufacturing Processes And Materials For Engineering.
  4. De Garmo, E.Paul, Material and Processes in Manufacturing
  5. Groover, Mikell P., Fundamental of Modern: Materials, Processes and System.
  6. Schey, John A., Introduction To Manufacturing Processes.

1 komentar:

  1. sebagai pelajar dan pengajar pemula tentunya info ini sangat bermanfaat sekali, khususnya bagi yang ingin memehami,memperdalam secara otodidak maupun melalui program perkuliahan. thanks. salam sohiby.

    BalasHapus

BlogBookmarks

Shoutbox


ShoutMix chat widget