Kode Mata Kuliah : TIN 4114
Beban Studi : 3 sks
Sifat : W
Kosyarat : TIN 4007
Praktikum : Tidak Ada
Tugas : Tidak Ada
Tujuan :
Memahami definisi dan pengertian kualitas serta peranannya sebagai salah satu strategi manajemen. Mampu mengaplikasikan berbagai metoda Statistik dan standard-standard guna mengendalikan kualitas proses maupun produk.
Pokok Bahasan:
Kualitas dan teknik perbaikan kualitas. Konsep Dasar Statistik dan probabilitas. Konsep dasar pengendalian kualitas statistik. Pengendalian kualitas statistik untuk data variabel (X- Chart dan R- Chart). Pengendalian kualitas statistik untuk data atribut (p-chart, np-chart, c-Chart dan u-chart). Analisis kemampuan proses. Rencana untuk penrimaan sampel untuk data atribut. Rencana penerimaan sampel untuk data variabel. Pemahaman mengenai producer dan cojnsumer’s risks, AQL, LTPD, sampling plan dan lain-lain. Aspek manajemen kualitas yang menyangkut Total Quality Control (TQC), Quality Control Circle (QCC). Reliabilitas. Aplikasi pengendalian kualitas pada perusahaan dan Organisasi manufaktur dan jasa.
Pustaka :
- Ariani, Dorotehea Wahyu, Pengendalian Kualitas Statistik, Andi Offset Yogyakarta, 2004.
- Montgimery, Douglas C. Design and Analysis of Experiment. New York John Wiley dan Sons, 1985
- Montgomery, Douglas C. Introduction to Statistical Quality Control. New York: John Willey dan Sons, 1985.
- Gaspersz, Vincent, Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar